tanah lot bali

Wisata Tanah Lot, Bali

Wisata Tanah Lot, Bali – Yang dijuluki dengan Pura Tanah Lot ialah pura yang ada di atas bongkahan bebatuan karang di tengah-tengah pantai. Pura itu merupakan lokasi pemujaan kepada dewa laut, hal itu pula yang menjadikan pura tersebut dibangun di lokasi yang cukup dekat dengan laut. Pengunjung wisata tidak diperbolehkan masuk kedalam bangunan pura tuk menjaga kesucian serta kesakralan tempat ibadah itu.

Ketika air pasang, Anda dapat melihat Pura Tanah Lot semacam mengapung diatas air. Berbeda kala air surut, di bawah pura berada lubang-lubang kecil seperti gua yang ditempati ada ular ekor pipih berwarna hitam berbelang kuning. Katanya, ular ini merupakan penjaga pura dan mengandung racun 3 kali lebih membahayakan dari ular kobra.Tanah Lot memiliki jarak sekitar 1 jam dari pada Bandara kurang lebih 45 menit dari Pantai Kuta.

Sejarah Tanah Lot, Bali

Tanah Lot terbentuk dari 2 kata yaitu tanah yang artinya pulau dan lot yang artinya laut. Bila digabungkan, keduanya mengandung arti pulau yang ada di tengah laut. Disamping dari asal usul nama, lokasi wisata ini juga mengandung cerita ataupun legenda yang diyakini sebagai asal muasal berdirinya Pura Tanah Lot.

Dulunya, terdapat seorang penyebar ajaran Agama Hindu dr Jawa yang dikenal dengan Danghyang Nirartha lalu mengembara ke Bali. Dirinya berhasil menguatkan kepercayaan warga setempat, tetapi seorang penguasa desa bernama Bendesa Beraban tidak menyukai kehadiran dai Nirartha.

Beraban serta pengikutnya berusaha untuk mengusir Nirartha. Namun Nirartha mempunyai satu permintaan, untuk memindahkan sebongkah batu besar ke tengah pantai. Di Batu tersebut, Nirartha meneruskan semedinya. Ia pun melemparkan selendangnya ke tengah laut. Selendang tersebut kemudian berubah jadi ular hitam berbelang kuning berekor pipih yang bertugas untuk menjaga tempatnya bersemedi. Ular itu masih bisa disaksikan di Tanah Lot sampai saat ini.

READ  Wisata Jajanan di Bali yang Harus Dikunjungi

Melihat kemampuan dari Nirartha yang sangat luar biasa, Beraban pun kagum. Lalu mengurungkan niatnya mengusir Nirartha lalu berbalik menjadi pengikutnya. Lantas dibangunlah 2 buah pura tuk tempat ibadah warga desa, 1 pura diatas batu yang dipindahkan ke tengah-tengah pantai, 1 pura lagi di bagian ujung tebing yang manghadap ke laut.

Siapkan kamera Anda. Panorama matahari terbenam di obyek pariwisata itu menjadi objek berphoto yang banyak diincar setiap fotografer amatir juga profesional. Jika anda tidak membawa kamera tenang saja, karena disana ada jasa foto dari warga setempat yang bisa langsung di cetak.

Berburu Oleh-oleh di Tanah Lot

Di pinggiran jalan masuk menuju Pura Tanah Lot ada pasar seni yang menyediakan beragam kerajinan tangan unik Bali. Anda dapat asesoris khas bali, Kaos bali dan masih banyak lagi. Ketika berbelanja disana, saya sarankan memakai kemampuan menawar Anda. Sebab Harga yang ditawarkan mulanya relatif tinggi. Kalau anda bisa memakai bahasa Bali maka akan lebih murah juga barang yang nantinya akan anda beli.

Mitos Unik di Tanah Lot

obyek pariwisata mempunyai mitos-mitos unik yang bisa dibilang banyak orang yang percaya. Di Tanah Lot juga demikian. Yang ada, berkembang mitos kalau wisatawan mencuci muka menggunakan Tirta Pabersihan sembari mengucapkan permohonannya, maka tidak lama lagi permohonannya akan terkabul. Berkembang mitos lain, jika Anda dapat memegang ular penjaga pura sembari meletakkan uang koin di dalam air lalu mengucapkan permohonan. Perhatikan, jangan terlalu kasar kala memegang ular tersebut mudah-mudahan mereka tidak menyerang Anda.

Ada juga salah satu Ritual yang membuat wisatawan lokal ataupun luar negeri yaitu Ritual Odalan, Ritual ini adalah suatu Ritual yang dilakukan menjelang Hari Raya Galungan & Kuningan. Di hari tersebut Pura Tanah Lot bakal di sesaki Oleh seluruh umat Hindu yang datang dari berbagai Penjuru yang ada di Bali untuk Sembahyang di Tanah Lot.

READ  Wisata Jajanan di Bali yang Harus Dikunjungi

Tanah Lot persisnya terdapat di Desa Beraban, Bali. Untuk bisa mencapai lokasi itu, cara paling praktis ialah dengan memakai jasa travel, merental kendaraan ataupun naik taksi. Bila menyewa kendaraan, tidak perlu khawatir akan tersesat, terdapat banyak papan penunjuk arah ke Tanah Lot sebab tempat wisata ini sangatlah populer di Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.