Pantai Losari

Jelajah Wisata Favorit di Makassar

Kota makassar adalah ibukota provinsi sulawesi selatan dan termasuk kota besar yang terdapat di indonesia. Kota yang memiliki luas wilayah kurang lebih 175.77km ini mempunyai penduduk 1,4 juta. Makasar memang terkenal dengan wisata pantai dan wisata kulinernya. Berikut akan dibahas beberapa tempat wisata di Makassar yang sayang untuk anda lewatkan diantaranya:

Jelajah Pantai Losari

Pantai LosariTempat wisata yang menjadi primadona ini mempunyai keunikan sendiri. Bila biasanya pantai terkenal dengan adanya pasir, Pantai Losari tak mempunyai pasir. Bila Anda berkunjung, Anda akan menemukan beton di tepinya. Tak ada pasir tidak berarti pantai ini tidak layak dikunjungi, terdapat banyak hal lain yang unik dari obyek pariwisata ini.

Disana, Anda bisa melakukan berbagai hal yang mengasyikan misalnya memancing, bermain sepeda air ataupun banana boat, berlayar memakai perahu dan lain-lain. Sehabis cape melakukan kegiatan tersebut waktunya kita lanjut ke kulinernya.Terdapat banyak sajian jajanan khas Makassar yang dapat Anda nikmati disana, dari mulai pisang epe, sop konro, coto hingga es pallu butung.

Jelajah Benteng Rotterdam

Benteng RotterdamFort Rotterdam terletak tidak jauh dari lokasi Pantai Losari. Benteng yang sedang kita bicarakan ini merupakan suatu peninggalan sejarah dr Kerajaan Gowa-Tallo yang didirikan di thn 1545 pada raja ke 9. Pada awalnya, benteng di dirikan dengan memakai tanah liat dan juga putih telur, hingga kemudian bangunan ini diperbaiki oleh raja ke 14.

Didalam komplek benteng, berada 13 bangunan dan 5 buah menara dengan satu menara dipintu masuk, lalu 4 buah menara lain ada ditiap sudut wilayah benteng.

Ada pula suatu museum yang dijuluki Museum La Galigo yang isinya koleksi benda-benda sisa kerajaan dahulu. Tidak cuma itu, ada satu ruangan yang dipercaya sebagai tempat pengasingan dari Pangeran Diponegoro.

READ  Tempat Wisata di Jakarta Selatan Yang Murah Meriah

Jelajah Trans Studio Makassar

Trans Studio MakassarTrans Studio Makassar sudah menjadi suatu ikon obyek wisata modern di Makassar. Diresmikan di tahun 2009 ini, Trans Studio di bangun diatas lahan yang luasnya 2,7 hektar. Didalamnya, ada 21 wahana dan 4 zona permainan yakni Studio Central, Lost City, Cartoon City dan Magic Corner.

Obyek pariwisata ini buka tiap hari dari pukul 09:00 hingga 19:00, kecuali di akhir pekan dan juga hari libur nasional, buka Sampai pukul 21:00.

Untuk biaya masuk, Anda bakal dikenakan biaya sekitar 100.000 di hari biasa, 175.000 di akhir pekan danjuga 200.000 Rupiah ketika ada event disini.

Jelajah Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional BantimurungTaman nasional itu pertama kali di temukan oleh salah seorang ahli botani asal Inggris, yaitu Alfred Russel Wallace. Pada Saat itu, Wallace mengatakan tempat ini menjadi kerajaan kupu-kupu karena terdapat sekitar 250 spesies kupu-kupu disana. Kupu-kupu memang dijadikan sebagai maskot untuk tempat wisata ini. Di pintu masuk ke Tempat Wisata ini anda akan disambut oleh Patung Kupu-kupu raksasa.

Disana Anda dapat melihat beragam jenis kupu-kupu dari mulai yang berupa ulat, lalu kepompong hingga sudah berubah jadi kupu-kupu yang sangat cantik. Ada pula koleksi kupu-kupu yang sudah diawetkan. Hal menyenangkan lain yang dapat Anda lakukan yakni bermain berenang, flying fox, bermain di air terjun ataupun menjelajahi gua yang berada di wilayah ini.

Jelajah Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka BonerateTaman laut itu terletak di kota Benteng, Selayar. Obyek pariwisata ini merupakan surga untuk penyelam dan untuk Anda yang suka bersnorkeling. Ketika menyelam, Anda dapat berenang bersama dengan ratusan jenis ikan, kura-kura dan penyu. Kecantikan dari terumbu karangnya juga membikin Anda makin betah berlama-lama diving di sini.

READ  Lokasi Wisata di Ciwidey Bandung yang Paling Ramai

Untuk menyelam ditempat wisata itu, Anda harus memperoleh izin dr Balai Taman Nasional dan membawa kartu identitas. Tarif yang dikenakan yaitu 30.000 Rupiah tuk wisatawan dalam negeri dan 65.000 Rupiah tuk wisatawan mancanegara. Bila ingin menyewa perlengkapan menyelam, Anda musti menyiapkan uang sebesar 250.000.

Jelajah Malino

MalinoMalino merupakan tempat wisata yang terletak didataran tinggi dan juga menawarkan kondisi alam khas pegunungan. Wilayah ini berada kurang lebih 90 kilometer dari kota Makassar.

Sepanjang perjalanan menuju ke Malino, Anda bakal melewati indahnya hutan pinus dan juga bebatuan kapur yang menarik. Malino terletak di ketinggian 1.050 mtr diatas laut. Suhu udara disana berkisar antara 10 Hingga 26 derajat Celcius.

Disana ada banyak air terjun yang indah misalnya Air Terjun Seribu Tangga serta Air Terjun Takapala. Tidak cuma itu, ada pula lembah biru, kebun teh serta bunker peninggalan Jepang. Sempatkan tuk membeli oleh-oleh yang khas di tempat wisata ini misalnya dodol ketan, markisa serta buah apel.

Jelajah Tanjung Bira

Tanjung BiraPantai ini terletak cukup jauh yakni sekitar 200 kilometer dari Makassar. Jarak ini tidak akan berarti ketika Anda sudah menginjakkan kaki diatas pasirnya. Keindahan dari tempat wisata ini tidak hanya dikenal para wisatawan dalam negeri saja, tetapi juga wisatawan luar negeri. Disana anda bisa melakukan aktifitas berjemur, berenang, snorkeling ataupun hanya duduk menyaksikan pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam.

Disana anda bisa menewa perlengkapan snorkeling dengan biaya 35.000 Rupiah. Ada pula sepeda motor yang di sewakan 65.000 Rupiah per harinya untuk menjelajahi kawasan pantai ini. Fasilitas di sini cukup lengkap, mulai dari penginapan, restoran dan juga kamar mandi untuk membersihkan diri setelah berenang. Tiket masuk ke Tanjung Bira adalah 5.000 Rupiah per orang.

READ  Pantai India

Jelajah Danau Tempe

Danau TempeDanau yang berada di sebelah barat Kabupaten Wajo. Disebut menjadi penghasil ikan tawar yang paling besar didunia. Diatas danau, Terdapat banyak rumah apung kepunyaan nelayan setempat.

Dari namanya mungkin anda akan tertawa karena nama danau ini identik dengan nama makanan bukan? tapi memang begitulah adanya. Namanya tidak menjadi soal karena tempat wisata di Makassar ini benar-benar tempat wisata yang sangat cantik.

Di obyek pariwisata ini, Anda dapat memancing ataupun berkeliling dengan sewa perahu nelayan. Disamping itu, Anda pula bisa membeli ikan fresh dan sayuran. Tiap tanggal 23 Agustus, disana diadakan suatu ritual tahunan tuk menyucikan danau yang dijuluki dengan Maccera Tappareng.

Jelajah Pemandian Air Panas Lejja

Pemandian Air Panas LejjaBerada di wilayah hutan lindung di Kec Marioriawa. Pemandangan sekeliling kolam pemandian amat indah dengan banyak pohon-pohonan rindang dan udara yang sejuk. Ada pula gazebo yang di sewakan dengan biaya 50.000 Rupiah per 2 jam. Di obyek pariwisata ini, ada 5 buah kolam yang memiliki kedalaman dan suhu yang beragam.

Suhu terpanas ialah 60 derajat Celcius. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan juga rematik sebab kandungan belerangnya. Untuk bisa berendam di kolam itu, Anda akan dikenakan tarif sebesar 6.000 Rupiah tuk dewasa dan 4.000 Rupiah tuk anak-anak.

Jelajah Jalan Somba Opu

Jalan Somba OpuBerlibur tidak lengkap bila tak mengunjungi sentral oleh-oleh khasdi Kota Makassar.

Tak jauh dari Pantai Losari dan juga Benteng Rotterdam, terdapat Jalan Somba Opu yang banyak digunakan sebagai kawasan menjual dan juga mencari oleh-oleh yang khas dari Makassar, dari mulai kerajinan, makanan dan juga minyak gosok cap tawon yang sangat populer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.